Kognitif 1 (C-1) = Ingatan/ Hafalan
Kognitif 2 (C-2) = Pemahaman
Kognitif 3 (C-3) = Penerapan
Kognitif 4 (C-4) = Analisis
Kognitif 5 (C-5) = Sintesis
Kognitif 6 (C-6) = Evaluasi
TINGKAT
|
RANAH KOGNITIF
|
PENGEMBANGAN
TINGKAT BERFIKIR
YANG AKAN DIUKUR
|
1 (c-1)
|
Ingatan (pengetahuan)
|
menyebutkan,
menentukan, menunjukan, mengingat kembali, mendefinisikan.
|
2 (c-2)
|
Pemahaman
|
membedakan, mengubah, memberi contoh,
memperkirakan, mengambil kesimpulan.
|
3 (c-3)
|
Penerapan (aplikasi)
|
menggunakan, menerapkan.
|
4 (c-4)
|
Analisis
|
membandingkan,
mengklasifikasikan, mengategorikan, menganalisis.
|
5 (c-5)
|
Sintesis
|
menghubungkan (mengaitkan),
mengembangkan, mengorganisasikan, menyusun.
|
6 (c-6)
|
Evaluasi
|
Menafsirkan, menilai, memutuskan.
|
ASPEK QUR’AN
Kognitif 1
(C-1) = Hafalan
Jumlah
huruf izhar adalah … .
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
Kognitif 2
(C-2) = Pemahaman
Bila terdapat
nun sukun atau tanwin diikuti ء maka hukum bacaannya adalah
… .
A. izhar
B. ikhfa
C. iqlab
D. idgham
Kognitif 3
(C-3) = Penerapan
Lafaz Ü>#tômF{$#ur8yqçR ßQöqs% mengandung bacaan ... .
A. izhar halqi
B. ikhfa syafawi
C. idgham bighunnah
D. idgham bilaghunnah
Kognitif 4
(C-4) = Analisis
Perhatikan daftar berikut ini!
1
|
¨@à2
&äóÓx«
ZpyJôm§
|
2
|
$VJù=Ïãur
öÏÿøî$$sù
tûïÏ%©#Ï9
|
3
|
y7¨RÎ)
|MRr&
âÍyèø9$#
|
4
|
çt9ø.r&
`ÏB
öNä3ÏFø)¨B
|
5
|
4n<Î) 8lrãäz
`ÏiB
|
6
|
ã2xtGt wÎ)
`tB
Ü=Ï^ã
|
Kata
yang mengandung bacaan ikhfa adalah nomor … .
A. 1
dan 5
B. 2
dan 3
C. 3 dan 5
D. 4 dan 6
Kognitif 5 (C-5)
= Sintesis
Perhatikan tabel di bawah ini!
KETENTUAN
|
TANDA WAQAF
|
||
1
|
Harus terus/dilarang berhenti
|
A
|
م
|
2
|
Lebih baik terus
|
B
|
لا
|
3
|
Boleh berhenti atau
terus
|
C
|
صلى
|
4
|
Lebih baik berhenti
|
D
|
ج
|
5
|
Harus berhenti
|
E
|
قلى
|
Pasangan
yang sesuai adalah ….
A.
1-A, 2-B, 3-C,
4-D, 5-E
B.
1-B, 2-C, 3-D,
4-E, 5-A
C.
1-E, 2-D, 3-C, 4-B, 5-A
D.
1-E, 2-B, 3-C, 4-D, 5-A
Kognitif 6
(C-6) = Evaluasi
ASPEK KEIMANAN
Kognitif 1
(C-1) = Hafalan
Kitab yang
diturunkan Allah kepada Nabi Dawud adalah kitab … .
A. Taurat
B. Zabur
C. Injil
D. Al Qur’an
Kognitif 2
(C-2) = Pemahaman
Kitab yang
diturukan Allah pada tahun 1 Masehi adalah kitab … .
A. Taurat
B. Zabur
C. Injil
D. Al Qur’an
Kognitif 3
(C-3) = Penerapan
Cara yang
tepat dalam beriman kepada kitab Taurat, Injil, dan Zabur adalah … .
A. membacanya pada setiap kesempatan secara rutin
B. cukup mempercayai bahwa kitab-kitab tersebut
firman Allah
C. melaksanakan segala perintah yang terkandung di
dalamnya
D. meninggalkan segala larangan yang terkandung di
dalamnya
Kognitif 4
(C-4) = Analisis
Perhatikan
daftar berikut ini!
1) membacanya pada setiap kesempatan secara rutin
2) cukup mempercayai bahwa kitab-kitab tersebut
firman Allah
3) melaksanakan segala perintah yang terkandung di
dalamnya
4) meninggalkan segala larangan yang terkandung di
dalamnya
Cara yang
tidak benar dalam beriman kitab Taurat, Injil, dan Zabur adalah ditunjukkan
nomor … .
A. 1,2,3
B. 1,2,4
C. 1,3,4
D. 2,3,4
Kognitif 5
(C-5) = Sintesis
Perhatikan tabel berikut ini!
NAMA KITAB
|
KETERANGAN
|
||
1
|
TAURAT
|
A
|
Diturunkan kepada
Nabi Dawud a.s.
|
2
|
ZABUR
|
B
|
Berisi sepuluh ajaran
pokok
|
3
|
INJIL
|
C
|
Diturunkan pada abad
ke-1
|
4
|
D
|
Merupakan penyempurna
kitab-kitab terdahulu
|
Pasangan yang
tepat adalah....
A.
1-A, 2-B, 3-C, 4-D
B.
1-A, 2-C, 3-B, 4-D
C.
1-B, 2-A,
3-C, 4-D
D.
1-B, 2-C,
3-D, 4-A
Kognitif 6
(C-6) = Evaluasi
ASPEK
AKHLAQ
Kognitif 1
(C-1) = Hafalan
Sifat suka
mengadu domba orang disebut dengan sifat … .
A. ananiah
B. ghazab
C. hasad
D. namimah
Kognitif 2
(C-2) = Pemahaman
Sifat namimah sangat berbahaya karena sifat ini dapat menimbulkan dampak
buruk berupa
… .
A. menumbuhkan rasa permusuhan
B. menjadikan pribadi yang rapuh
C. menimbulkan perasaan angkuh
D. membuat orang lain merasa tersaingi
Kognitif 3
(C-3) = Penerapan
Begitu melihat baju seragamnya
kurang bersih, Susan langsung marah-marah kepada pembantunya. Bahkan dia
kemudian meminta ibunya agar memecat pembantunya tersebut. Susan perlu
dinasehati karena dia telah memiliki sifat… .
A. ananiah
B. ghazab
C. hasad
D. namimah
Kognitif 4
(C-4) = Analisis
Perhatikan tabel akhlak tercela berikut
ini !
SIFAT TERCELA
|
ARTINYA
|
1. Ananiah
2. Ghazab
3. Hasad
4. Ghibah
5. Namimah
|
A. Adu domba
B. Dengki
C. Egois
D. Pemarah
E. Menggunjing
|
Pasangan
yang tepat adalah ….
A.
1-A, 2-B, 3-C, 4-D, 5-E
B.
1-A, 2-C, 3-B, 4-E, 5-D
C.
1-C, 2-D, 3-B, 4-E, 5-A
D.
1-C, 2-E, 3-B, 4-D, 5-A
Kognitif 5
(C-5) = Sintesis
Pada saat
pelaksanaan kegiatan studi wisata guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
untuk memudahkan koordinasi maupun pada saat membuat laporan. Kebetulan
terdapat satu kelompok yang terdiri dari siswa yang agamanya berbeda-beda. Guru
memberi nasehat agar mereka menjaga sikap tasamuh.
Sikap yang
tepat dalam merapkan tasamuh di antara mereka adalah ….
A. Siswa yang bukan muslim diberi keringanan dalam
kegiatan maupun pembuatan laporan
B. Pada saat melakukan kunjungan ke masjid hanya
siswa muslim yang diperbolehkan masuk
C. Tugas dibedakan menurut agama dan keyakinan yang dipeluk oleh
masingmasing anggota
D. Mereka tetap bekerja sama dalam mencari
informasi di berbagai tempat yang dikunjungi
Kognitif 6 (C-6) = Evaluasi
Perhatikan
ilustrasi berikut ini !
Ketika Ahmad
pulang dari sekolah dia melihat ada dua kelompok siswa yang saling ejek dan
saling menyerang. Mereka saling melempar batu. Tiba-tiba ada lemparan batu yang
mengenai kepalanya. Sebenarnya Ahmad
tahu dari kelompok mana batu tersebut berasal. Meskipun demikian dia
tidak dendam karena menyadari bahwa lemparan itu tidak disengaja. Ahmad menilai
bahwa sifat dendam tersebut hanya akan mebawa dampak buruk berupa … .
A. Membuat
kepercayaan orang lain menjadi hilang
B. Membuat masa depan menjadi tidak menentu
C. Membuat
rasa permusuhan menjadi
berkepanjangan
D. Menghambat cita-cita yang selama ini dikejar
ASPEK
FIKIH
Kognitif 1
(C-1) = Hafalan
Shalat
rawatib yang dilaksanakan sesudah shalat fardu dinamakan shalat rawatib … .
A. qabliyah
B. bakdiyah
C. muakkad
D. ghairu muakkad
Kognitif 2
(C-2) = Pemahaman
Hukum melaksanakan shalat rawatib ada yang sunah muakkad dan ada pula yang
ghairu muakkad. Shalat sunah rawatib digolongkan dalam sunah muakkad karena
shalat tersebut … .
A.
pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad
B.
pernah dikerjakan atau
ditinggalkan Rasulullah
C.
sangat jarang
dilakukan oleh Rasulullah
D.
Rasulullah hampir
selalu melaksanakannya
Kognitif 3
(C-3) = Penerapan
Ketika Amri sedang melaksanakan shalat
ashar, pada rakaat yang ketiga dia ragu-ragu mengenai berapa jumlah rakaat yang
telah ia kerjakan. Dia lupa apakah dia mengerjakan rakaat yang ketiga atau
keempat. Dalam kondisi seperti ini yang harus dilakukan Amri adalah….
A.
bertanya kepada teman yang ada
disekitarnya
B.
didiamkan saja selama tidak ada yang
mengingatkan
C.
melanjutkan shalat sesuai yang diyakini
lalu sujud sahwi
D.
membatalkan shalatnya dan mengulangi dari
awal
Kognitif 4
(C-4) = Analisis
Perhatikan daftar berikut ini !
1)
sesudah shalat zuhur
2)
sesudah shalat asar
3)
sesudah shalat magrib
4)
sesudah shalat isya'
5)
sesudah shalat subuh
Waktu yang dilarang mengerjakan shalat
rawatib adalah nomor ….
A.
1 dan 3
B.
1 dan 4
C.
2 dan 4
D.
2 dan 5
Kognitif 5
(C-5) = Sintesis
Perhatikan tabel shalat fardu dan
jumlah rakaat shalat rawatib muakkad
berikut ini!
NAMA SHALAT FARDU
|
JUMLAH RAKAAT SHALAT RAWATIB MUAKKAD
|
1)
Zuhur
|
a)
4 rakaat
|
2)
Ashar
|
b)
2 rakaat
|
3)
Magrib
|
c)
3
rakaat
|
4)
Isya
|
|
5)
Subuh
|
Pasangan yang sesuai adalah ….
A.
1-a , 2-a, 3-c, 4-a,5-b
B.
1-a , 2-b, 3-b, 4-c, 5-b
C.
1-a , 2-b, 3-c, 4-c, 5-b
D.
1-a , 2-c, 3-b, 4-b, 5-c
Kognitif 6
(C-6) = Evaluasi
ASPEK
SEJARAH
Kognitif 1
(C-1) = Hafalan
Sahabat
Rasulullah yang menemani beliau saat hijrah ke Madinah adalah … .
A.
Ali bin Abi Thalib
B.
Usman bin Affan
C. Umar bin Khattab
D. Abu Bakar As Sidiq
Kognitif 2
(C-2) = Pemahaman
Para sahabat hijrah dari Makkah ke
Madinah sekaligus juga meninggalkan harta dan pekerjaan mereka di Makkah.
Setelah mereka berada di Madinah, kegiatan yang dilakukan untuk membangun
perekonomian adalah dengan cara ….pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad
A.
menjadi pengrajin dan nelayan
B.
berdagang dan bercocok tanam
C.
menggali pertambangan di Madinah
D.
menjadi nelayan dan peternak
Kognitif 3
(C-3) = Penerapan
Perhatikan
gambar pulau berikut ini!
Kerajaan
Islam yang terdapat pada pulau tersebut adalah … .
A. Gowa
B. Tidore
C. Banten
D. Samudera Pasai
Kognitif 4
(C-4) = Analisis
Dakwah secara terang-terangan yang
dilakukan Nabi Muhammad mendapat reaksi cukup keras dari para pemuka dan tokoh
Quraisy. Reaksi keras yang dilakukan oleh para tokoh Quraisy tersebut antara
lain berupa ejekan, hinaan, hasutan,
ancaman, dan penganiayaan secara fisik. Hal itu mereka lakukan agar mereka
takut dan tidak ada yang mau mengikuti seruan Nabi Muhammad.
Sikap Rasulullah dan para sahabat dalam
menghadapi kejadian tersebut adalah ….
A.
Melawan kekerasan tersebut dengan
kekerasan yang setimpal agar mereka mengetahui kekuatan umat Islam
B.
Menjalin kebersamaan dalam keadaan suka
maupun duka, dengan demikian terjalin persatuan, kesatuan, dan solidaritas
C.
Melakukan perlawanan dengan cara
sembunyi-sembunyi karena jumlah umat Islam masih sedikit
D.
Mencari keselamatan sendiri-sendiri
tanpa menghiraukan nasib umat Islam lain yang tertindas dan teraniaya
Kognitif 5 (C-5) = Sintesis
Perhatikan tabel berikut ini!
KERAJAAN
|
TEMPAT
|
||
1
|
Demak
|
A
|
Jawa
|
2
|
Mataram
|
B
|
Sumatera
|
3
|
Samudera Pasai
|
C
|
Sulawesi
|
4
|
Gowa
|
||
5
|
Pajang
|
||
6
|
Ternate
|
Pasangan
yang sesuai adalah ….
a.
1-A, 2-A, 3-B, 4-C, 5-A, 6-C
b.
1-A, 2-A, 3-B, 4-C, 5-C, 6-B
c.
1-A, 2-B, 3-A, 4-A, 5-C, 6-B
d.
1-A, 2-B, 3-B, 4-C, 5-C, 6-B