KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kemampuan
Yang Diuji
|
Indikator
|
No Soal
|
|
1.
|
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi.
|
|
Disajikan
ayat tentang demokrasi, peserta didik dapat menentukan arti dari penggalan ayat
yang digarisbawahi.
|
1
|
|
Menampilkan
perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imrān {3}: 159, dan
QS Asy-Syūrā
{42}: 38 dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ditampilkan
kutipan ayat tentang demokrasi, peserta didik dapat menentukan perilaku hidup
yang demokratis.
|
2
|
|||
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan.
|
Membaca
QS Al-Baqarah
{2}: 148 dan QS Al-Fathir {35}: 32
|
Disajikan
kutipan ayat tentang kompetisi dalam kebaikan yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut.
|
3
|
||
Disajikan
kutipan ayat tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid yang
terdapat dalam ayat yang digarisbawahi.
|
4
|
||||
Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
|
Membiasakan
perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS Ar- Rūm {30}: 41-42, QS Al-A’rāf {7}:
56-58, dan QS Shād {38} : 27.
|
Disajikan
kutipan ayat tentang perilaku menjaga kelestarian
lingkungan hidup, peserta didik dapat menentukan kebiasaan
melestarikan lingkungan hidup.
|
5
|
||
Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang etos kerja.
|
Menjelaskan
arti QS.
Al Mujādalah {58}: 11 dan QS.
Al Jumu’ah {62}: 9-10.
|
Disajikan
ayat tentang etos kerja, peserta didik dapat memilih pasangan kalimat dengan
arti ayat yang ditampilkan.
|
6
|
||
Membiasakan beretos kerja seperti
terkandung dalam QS. Al Mujādalah {58}: 11, dan QS. Al Jumu’ah {62}: 9-10.
|
Ditampilkan
wacana tentang etos kerja, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang
mencerminkan etos kerja seperti yang terkandung dalam ayat-ayat dimaksud
|
7
|
|||
Memahami ayat-ayat Al
Qur’an tentang pengembangan Iptek.
|
Menjelaskan
arti QS Yunus {10}: 101 dan QS
Al-Baqarah {2}: 164.
|
Disajikan
ayat tentang pengembangan iptek,
peserta didik dapat menetapkan
arti atau isi kandungan ayat.
|
8
|
||
Melakukan pengembangan Iptek seperti terkandung dalam QS. Yūnus {10}: 101 dan QS. Al Baqarah {2}: 164.
|
Ditampilkan
wacana tentang pengembangan iptek, peserta didik dapat
menentukan hasil pengembangan iptek seperti yang terkandung
dalam ayat-ayat Al Qur’an
tentang pengembangan iptek
|
9
|
|||
Ditampilkan
wacana tentang pengembangan iptek, peserta didik dapat
mengidentifikasi pengembangan iptek seperti yang terkandung dalam ayat-ayat Al Qur’an tentang pengembangan
iptek
|
10
|
||||
2.
|
Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
dalam Asmaul Husna.
|
Menjelaskan
arti 10 sifat Allah SWT dalam Asmaul
Husna.
|
Disajikan pernyataan tentang sifat
Allah SWT, peserta didik dapat menunjukkan
makna salah satu dari 10
sifat Allah SWT yang berkaitan dengan
Asma’ul Husna.
|
11
|
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah SWT dalam Asmaul
Husna.
|
Ditampilkan ilustrasi tentang kehidupan dalam masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi
contoh perilaku yang sesuai dengan keimanan terhadap sifat Allah SWT
dalam Asmaul
Husna.
|
12
|
|||
Meningkatkan keimanan kepada malaikat.
|
Menampilkan
perilaku cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan
cerita dalam kehidupan masyarakat, peserta didik dapat menentukan contoh
perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
|
13
|
||
Meningkatkan keimanan kepada
Rasul-rasul Allah.
|
Menjelaskan tanda-tanda beriman
kepada Rasul Allah SWT
|
Disajikan wacana tentang kehidupan,
peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah
SWT
|
14
|
||
Menunjukkan
contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
|
Disajikan ilustrasi kehidupan Rasul, peserta didik dapat menunjukkan contoh
perilaku Rasul
yang harus diteladani.
|
15
|
|||
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT.
|
Menjelaskan Al-Qur’an sebagai Kitab Suci terakhir.
|
Disajikan pernyataan berkaitan
dengan Kitab Suci, peserta didik dapat menunjukkan fungsi Al-Qur’an sebagai Kitab
Suci terakhir.
|
16
|
||
Menerapkan
hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
|
Disajikan ilustrasi tentang
kehidupan manusia yang
beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT, peserta didik dapat
menentukan hikmah beriman
kepada Al-Qur’an.
|
17
|
|||
Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir.
|
Menyebutkan
tanda-tanda Hari Akhir.
|
Ditampilkan narasi tentang Hari
Akhir, peserta didik dapat memilih salah satu tanda Hari Akhir yang ada dalam
narasi tersebut.
|
18
|
||
Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadar.
|
Menunjukkan
contoh-contoh Qadha dan Qadar.
|
Disajikan pernyataan tentang
kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan contoh pernyataan yang
sesuai dengan Qadha
Allah SWT.
|
19
|
||
Menunjukkan
keyakinan terhadap Qadha dan Qadar.
|
Disajikan beberapa pernyataan
tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat memilih dengan tepat contoh
sikap menerima Qadar
Allah SWT.
|
20
|
|||
3.
|
Membiasakan perilaku terpuji.
|
Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnudzan terhadap Allah SWT, diri sendiri dan sesama.
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
menganalisis perilaku husnudzan
kepada Allah SWT.
|
21
|
|
Disajikan
tentang kehidupan bermasyarakat, peserta didik dapat menentukan hal-hal yang
berhubungan perilaku husnudzan
terhadap sesama manusia.
|
22
|
||||
Berperilaku terpuji dan meninggalkan perilaku tercela.
|
Mengurutkan tata cara bertaubat.
|
Ditampilkan
cara-cara taubat, peserta didik dapat menentukan
urutan tata cara bertaubat.
|
23
|
||
Membiasakan diri untuk berperilaku taubat.
|
Disajikan
pernyataan tentang perilaku
terpuji, peserta
didik mampu menunjukkan kebiasaan berperilaku taubat.
|
24
|
|||
Menyimpulkan perilaku raja’.
|
Disajikan ilustrasi tentang perilaku terpuji, peserta didik
mampu menentukan kesimpulan perilaku raja’.
|
25
|
|||
Membedakan antara taubat dan raja’.
|
Disajikan
beberapa deskripsi perilaku taubat dan raja’,
peserta didik dapat menetapkan perbedaan antara taubat dan raja’.
|
26
|
|||
Mencegah perilaku israf.
|
Disajikan
pernyataan tentang penyebab timbulnya perilaku israf, peserta didik dapat menunjukkan cara-cara
menghindari perilaku israf.
|
27
|
|||
Menunjukkan akibat perilaku tabzir.
|
Disajikan
narasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan akibat
perilaku tabzir.
|
28
|
|||
Mengidentifikasi akibat perilaku fitnah.
|
Disajikan
narasi tentang kebiasaan berperilaku fitnah, peserta didik dapat memilih akibat perilaku fitnah.
|
29
|
|||
Membiasakan perilaku terpuji.
|
Menjelaskan
pengertian dan maksud menjaga persatuan dan kerukunan.
|
Disajikan
narasi perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan faktor penyebab terciptanya
persatuan dan kerukunan.
|
30
|
||
4.
|
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah
ibadah
|
Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi Al
Qur’an, Hadis, Ijtihad sebagai Sumber Hukum Islam dan Hukum Taklifi.
|
Disajikan tabel tentang Sumber-sumber Hukum Islam, peserta didik
dapat mengidentifikasi pengertian Sumber Hukum Islam.
|
31
|
|
Disajikan wacana tentang permasalahan fiqh yang
berkembang di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan kesimpulan fungsi Sumber
Hukum Islam.
|
32
|
||||
Memahami hukum Islam tentang infak, zakat, haji dan
wakaf.
|
Menjelaskan ketentuan syar’I
tentang infak, zakat,
haji dan wakaf.
|
Disajikan deskripsi tentang
ketentuan-ketentuan haji, peserta didik dapat mengidentifikasi syarat
atau rukun atau wajib haji.
|
33
|
||
Memahami
hukum Islam tentang muamalah.
|
Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
Disajikan deskripsi tentang ekonomi
Islam, peserta didik dapat menentukan
asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
34
|
||
Disajikan pengertian macam-macam syirkah, peserta didik dapat
mengidentifikasi contoh syirkah
tersebut.
|
35
|
||||
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan
jenazah.
|
Menjelaskan tatacara pengurusan
jenazah.
|
Disajikan ilustrasi tentang tata
cara menshalatkan jenazah, peserta
didik dapat menganalisis tata cara melaksanakan shalat
jenazah secara benar.
|
36
|
||
Disajikan deskripsi tentang tatacara
menyelenggarakan jenazah, peserta didik dapat menetapkan urutan penyelenggaraan jenazah.
|
37
|
||||
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga dan hukum waris.
|
Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang nikah, thalaq dan ruju’.
|
Disajikan
narasi tentang pernikahan yang Islami, peserta didik dapat menunjukkan hikmah pernikahan.
|
38
|
||
Menjelaskan
ketentuan-ketentuan hukum waris.
|
Disajikan contoh kasus wafatnya
seseorang yang meninggalkan harta dan ahli waris, peserta didik dapat
menunjukkan bagian salah satu ahli waris.
|
39
|
|||
Disajikan narasi tentang hubungan
kekerabatan dalam keluarga, peserta didik dapat menunjukkan anggota keluarga
yang mendapat harta waris.
|
40
|
||||
5.
|
Memahami
keteladanan Rasulullah Saw
dalam membina umat periode Makkah.
|
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah Saw periode Makkah.
|
Disajikan
wacana tentang strategi dakwah Rasulullah Saw di Makkah, peserta didik dapat
menentukan jenis strategi dakwah
tersebut.
|
41
|
|
Memahami keteladanan Rasulullah Saw dalam
membina umat periode Madinah.
|
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah
Saw periode Madinah.
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang dakwah Rasulullah SAW, peserta didik dapat
mengidentifikasi substansi dakwah Rasulullah Saw pada periode Madinah.
|
42
|
||
Disajikan
contoh strategi dakwah Rasulullah Saw periode Madinah, peserta didik dapat menentukan
alasan penerapan strategi tersebut.
|
43
|
||||
Memahami Perkembangan Islam Abad
Pertengahan.
|
Menjelaskan Perkembangan Islam Abad Pertengahan.
|
Disajikan
tabel tentang ilmuwan Muslim dan hasil karyanya secara acak, peserta didik
dapat menganalisis ilmuwan Muslim dan hasil karyanya dengan benar.
|
44
|
||
Disajikan
wacana tentang Perkembangan Islam Abad Pertengahan, peserta didik dapat memilih
hikmah dari perkembangan Islam pada periode tersebut.
|
45
|
||||
Memahami Perkembangan Islam pada Masa
Modern.
|
Menunjukkan contoh peristiwa Perkembangan Islam pada Masa
Modern.
|
Disajikan wacana Perkembangan
Islam pada Masa Modern, peserta didik dapat menentukan faktor-faktor penyebab bangkitnya
umat Islam pada masa modern.
|
46
|
||
Memahami perkembangan Islam di
Indonesia.
|
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia dan mengambil
hikmah dari Perkembangan
Islam di Indonesia.
|
Peserta didik dapat menunjukkan
pengaruh Perkembangan
Islam di Indonesia.
|
47
|
||
Dideskripsikan penyebaran Islam di
Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan hikmah Perkembangan Islam di Indonesia.
|
48
|
||||
Memahami Perkembangan Islam di Dunia
|
Memberikan contoh
Perkembangan
Islam di Dunia.
|
Ditampilkan beberapa pernyataan
terkait Perkembangan
Islam di Dunia,
peserta didik dapat menganalisis bukti perkembangan Islam di Dunia.
|
49
|
||
Disajikan lima pernyataan
tentang faktor Perkembangan
Islam di Dunia,
peserta didik dapat memilih faktor-faktor penyebab berkembangnya Islam di Dunia.
|
50
|
Jakarta, Desember 2014/Shafar 1436 H
Tidak ada komentar:
Posting Komentar