SILABUS
1. IDENTITAS
MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah :
Evaluasi Pendidikan
Bobot :
2 SKS
Semester/Jenjang :
5/S1
Jurusan/Prodi :
Pendidikan Agama Islam
Status Mata Kuliah : Wajib
Dosen :
Drs. H. Ma’mun Zahrudin, M.Pd.I
2. TUJUAN
Setelah menyelesaikan
perkuliahan ini diharapkan mahasiswa Program Pendidikan Agama Islam STAI Nur El Ghazy memiliki kompetensi dalam merancang, menyusun, melaksanakan, dan melaporkan
hasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.
3. DESKRIPSI
Mata kuliah Evaluasi
Pendidikan ini merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian Pedagodik. Mata
kuliah ini membahas materi perkuliahan yang mengarah kepada pembentukan
pengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru.
Materi
dasar yang dibahas adalah (1) konsep dasar evaluasi pendidikan Agama Islam, (2)
peranan evaluasi pendidikan, (3) teknik-teknik konstruksi tes Pendidikan Agama Islam, (4)
uji-coba tes hasil belajar, (5) pengolahaan hasil uji coba tes hasil belajar
PAI, (6) analisis tes hasil belajar, dan (7) pembakuan tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam.
4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Ekspositori dan Komunikatif
Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan
masalah
Tugas : Laporan buku atau bab, penyusunan berbagai alat evaluasi
Media : OHP, LCD
5. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIPA PERTEMUAN
Pertemuan ke-
|
Kompetensi Dasar
|
|
1 dan 2
|
1. Memahami konsep dan penerapan dasar-dasar
pengukuran dan penilaian:
|
|
3 dan 4
|
2. Memahami dan menerapkan konsep perencanaan
penyusunan Evaluasi Hasil Belajar
Pembahasan metode penyusunan kisi-kisi evaluasi hasil belajar
|
|
5 dan 6
|
3. Memahami dan menerapkan konsep instrument
evaluasi hasil belajar.
· Pembahasan jenis
tagihan dan intsrumen penilaian.
· Pembahasan
syarat-syarat penyusunan jenis tagihan dan instrument penilaian
· Berlatih menyusun
berbagai jenis tagihan dan bentuk instrument penilaian.
|
|
7
|
·
Pembahasan berbagai jenis instrument
evaluasi.
·
Pembahasan bentuk-bentuk tes : objektif dan
non-objektif
·
Pembahasan bentuk-bentuk soal objektif:
Benar-Salah, Pilihan Ganda, Menjodokan, Isian Singkat
·
Pembahasan bentuk soal uraian (eseai)
Berlatih menyusun berbagai bentuk soal tes
hasil belajar.
|
|
8
|
UTS
|
|
9
|
Menyusun intrumen penilaian berbagai
kompetensi atau indicator pencapaian hasil belajar
|
|
10 dan 11
|
Mengolah hasil evaluasi
Berlatih mengolah skor menjadi nilai standar
|
|
12 dan 13
|
Memahami dan menerapkan konsep mutu alat
evaluasi hasil belajar
|
|
14
|
·
Menyusun laporan hasil evaluasi hasil belajar
·
Pengisian rapor
·
Pelaporan tingkat ketuntasan belajar
·
Pelaporan hasil analisis tingkat keterpahaman
dan ketuntasan
|
|
15
|
Memahami cara pemanfaatan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran
|
|
16
|
UAS
|
6. DAFTAR BUKU
Arikunto, Suharsimi.
1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.
Yogyarakta: PT Bina
Aksara.
Gronlund, Norman E.
(1985) Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York :
Mcmillan
Publishing Company, Inc.
Nurgiyantoro, Burhan
(1988). Penilaian dalam Pendidikan Bahasa
dan Sastra. Yogyakarta :
YPPE
Popham, W, James.
1978. Evalution in Education: Current Applications.
Los
Angeles: University of California
Puwanto, M. Ngalim.
2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Ross, C.C. and
Stanley, Julian C. 1954. Measurument in Today Schools. 3rd
ed. New
Tidak ada komentar:
Posting Komentar