Jumat, 11 September 2015

CONTOH KISI-KISI UASBN SMK


KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

No
Standar Kompetensi
Kemampuan Yang Diuji
Indikator
No Soal
1.
Memahami ayat-ayat       Al-Qur’an tentang demokrasi.
Menyebutkan arti QS Ali Imrān {3}: 159, dan QS Asy Syūrā {42}: 38.
Disajikan ayat tentang demokrasi, peserta didik dapat menentukan arti dari penggalan ayat yang digarisbawahi.
1
Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imrān {3}: 159, dan QS Asy-Syūrā {42}: 38 dalam kehidupan sehari-hari.
Ditampilkan kutipan ayat tentang demokrasi, peserta didik dapat menentukan perilaku hidup yang demokratis.
2
Memahami ayat-ayat       Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan.
Membaca QS Al-Baqarah {2}: 148 dan QS Al-Fathir {35}: 32

Disajikan kutipan ayat tentang kompetisi dalam kebaikan yang tidak lengkap, peserta didik dapat  melengkapi ayat tersebut.
3
Disajikan kutipan ayat tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam ayat yang digarisbawahi.
4
Memahami ayat-ayat       Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam  QS Ar- Rūm {30}: 41-42, QS Al-A’rāf {7}: 56-58, dan QS  Shād {38} : 27.
Disajikan kutipan ayat tentang perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup, peserta didik dapat  menentukan kebiasaan melestarikan lingkungan hidup.
5
Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang etos kerja.
Menjelaskan arti QS. Al Mujādalah {58}: 11 dan QS. Al Jumu’ah {62}: 9-10.
Disajikan ayat tentang etos kerja, peserta didik dapat memilih pasangan kalimat dengan arti ayat yang ditampilkan.
6
Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS. Al Mujādalah {58}: 11, dan QS. Al Jumu’ah {62}: 9-10.
Ditampilkan wacana tentang etos kerja, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan etos kerja seperti yang terkandung dalam ayat-ayat dimaksud
7
Memahami ayat-ayat       Al Qur’an tentang pengembangan Iptek.
Menjelaskan arti QS Yunus {10}: 101 dan QS  Al-Baqarah {2}: 164.
Disajikan ayat tentang pengembangan iptek, peserta didik dapat menetapkan arti atau isi kandungan ayat.
8
Melakukan pengembangan Iptek seperti terkandung dalam QS. Yūnus {10}: 101 dan QS.  Al Baqarah {2}: 164.
Ditampilkan wacana tentang pengembangan iptek, peserta didik dapat menentukan hasil pengembangan iptek seperti yang terkandung dalam ayat-ayat Al Qur’an tentang pengembangan iptek
9
Ditampilkan wacana tentang pengembangan iptek, peserta didik dapat mengidentifikasi pengembangan iptek seperti yang terkandung dalam  ayat-ayat Al Qur’an tentang pengembangan iptek
10
2.
Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna.
Menjelaskan arti  10 sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna.
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah SWT, peserta didik dapat menunjukkan makna salah satu dari 10 sifat Allah SWT yang berkaitan dengan Asma’ul Husna.
11
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna.
Ditampilkan ilustrasi tentang kehidupan dalam masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perilaku yang sesuai dengan keimanan terhadap sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna.
12
Meningkatkan keimanan kepa­da malaikat.
Menampilkan perilaku cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan cerita dalam kehidupan masyarakat, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
13
Meningkatkan keimanan  kepa­da Rasul-rasul Allah.
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah SWT
Disajikan wacana tentang kehidupan, peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah SWT
14
Menunjukkan contoh beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
Disajikan ilustrasi kehidupan Rasul, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku Rasul yang harus diteladani.
15
Meningkatkan keimanan kepa­da Kitab-kitab Allah SWT.
Menjelaskan Al-Qur’an sebagai Kitab Suci terakhir.
Disajikan pernyataan berkaitan dengan Kitab Suci, peserta didik dapat menunjukkan fungsi Al-Qur’an sebagai Kitab Suci terakhir.
16
Menerapkan hikmah beriman ke­pada Kitab-kitab Allah.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia yang beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT, peserta didik dapat menentukan hikmah beriman kepada Al-Qur’an.
17
Meningkatkan keimanan kepa­da Hari Akhir.
Menyebutkan tanda-tanda Hari Akhir.
Ditampilkan narasi tentang Hari Akhir, peserta didik dapat memilih salah satu tanda Hari Akhir yang ada dalam narasi tersebut.
18
Meningkatkan keimanan kepa­da Qadha dan Qadar.
Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar.
Disajikan pernyataan tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan contoh pernyataan yang sesuai dengan Qadha Allah SWT.
19
Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar.
Disajikan beberapa pernyataan tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat memilih dengan tepat contoh sikap menerima Qadar Allah SWT.
20
3.
Membiasakan perilaku terpuji.
Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnudzan terhadap Allah SWT, diri sendiri dan sesama.
Disajikan beberapa pernyataan tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menganalisis perilaku husnudzan kepada Allah SWT.
21
Disajikan tentang kehidupan bermasyarakat, peserta didik dapat menentukan hal-hal yang berhubungan perilaku husnudzan terhadap sesama manusia.
22
Berperilaku terpuji dan meninggalkan perilaku tercela.
Mengurutkan tata cara bertaubat.
Ditampilkan cara-cara taubat, peserta didik dapat menentukan urutan tata cara bertaubat.
23
Membiasakan diri untuk berperilaku taubat.
Disajikan pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik mampu menunjukkan kebiasaan berperilaku taubat.
24
Menyimpulkan perilaku raja’.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku terpuji, peserta didik mampu menentukan kesimpulan perilaku raja’.
25
Membedakan antara taubat dan raja’.
Disajikan beberapa deskripsi perilaku taubat dan raja’, peserta didik dapat menetapkan perbedaan antara taubat dan raja’.
26
Mencegah perilaku israf.
Disajikan pernyataan tentang penyebab timbulnya perilaku israf, peserta didik dapat menunjukkan cara-cara menghindari perilaku israf.
27
Menunjukkan akibat perilaku tabzir.
Disajikan narasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan akibat perilaku tabzir.
28
Mengidentifikasi akibat perilaku fitnah.
Disajikan narasi tentang kebiasaan berperilaku fitnah, peserta didik dapat memilih akibat perilaku fitnah.
29
Membiasakan perilaku terpuji.
Menjelaskan pengertian dan maksud menjaga persatuan dan kerukunan.
Disajikan narasi perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan faktor penyebab terciptanya persatuan dan kerukunan.
30
4.
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah

Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur’an,  Hadis, Ijtihad sebagai Sumber Hukum Islam dan Hukum Taklifi.
Disajikan tabel tentang Sumber-sumber Hukum Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian Sumber Hukum Islam.
31
Disajikan wacana tentang permasalahan fiqh yang berkembang di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan kesimpulan fungsi Sumber Hukum Islam.
32
Memahami hukum Islam tentang infak, zakat, haji dan wakaf.
Menjelaskan ketentuan syar’I tentang infak, zakat, haji dan wakaf.
Disajikan deskripsi tentang ketentuan-ketentuan haji, peserta didik dapat mengidentifikasi syarat atau  rukun atau wajib haji.
33
Memahami hukum Islam tentang muamalah.
Menjelaskan  asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
Disajikan deskripsi tentang ekonomi Islam, peserta didik dapat menentukan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
34
Disajikan pengertian macam-macam syirkah, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh syirkah tersebut.
35
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah.
Disajikan ilustrasi tentang tata cara menshalatkan jenazah, peserta didik dapat  menganalisis tata cara melaksanakan shalat jenazah secara benar.
36
Disajikan deskripsi tentang tatacara menyelenggarakan jenazah, peserta didik dapat menetapkan urutan  penyelenggaraan jenazah.
37
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga dan hukum waris.

Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah, thalaq dan ruju’.
Disajikan narasi tentang pernikahan yang Islami, peserta didik dapat menunjukkan hikmah pernikahan.
38
Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris.

Disajikan contoh kasus wafatnya seseorang yang meninggalkan harta dan ahli waris, peserta didik dapat menunjukkan bagian salah satu ahli waris.
39
Disajikan narasi tentang hubungan kekerabatan dalam keluarga, peserta didik dapat menunjukkan anggota keluarga yang  mendapat harta waris.
40
5.
Memahami keteladanan Rasulullah Saw dalam membina umat periode Makkah.
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah Saw periode Makkah.
Disajikan wacana tentang strategi dakwah Rasulullah Saw di Makkah, peserta didik dapat menentukan jenis strategi  dakwah tersebut.

41


Memahami keteladanan Rasulullah Saw dalam membina umat periode Madinah.
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw periode Madinah.
Disajikan beberapa pernyataan tentang dakwah Rasulullah SAW, peserta didik dapat mengidentifikasi substansi dakwah Rasulullah Saw pada periode Madinah.

42
Disajikan contoh strategi dakwah Rasulullah Saw periode Madinah, peserta didik dapat menentukan alasan  penerapan strategi tersebut.

43
Memahami Perkembangan Islam Abad Pertengahan.
Menjelaskan Perkembangan Islam Abad Pertengahan.
Disajikan tabel tentang ilmuwan Muslim dan hasil karyanya secara acak, peserta didik dapat menganalisis ilmuwan Muslim dan hasil karyanya dengan benar.

44
Disajikan wacana tentang Perkembangan Islam Abad Pertengahan, peserta didik dapat memilih hikmah dari perkembangan Islam pada periode tersebut.
45
Memahami Perkembangan Islam pada Masa Modern.
Menunjukkan contoh peristiwa Perkembangan Islam pada Masa Modern.
Disajikan wacana Perkembangan Islam pada Masa Modern, peserta didik dapat menentukan faktor-faktor penyebab bangkitnya umat Islam pada masa modern.

46
Memahami perkembangan Islam di Indonesia.
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia dan mengambil hikmah dari Perkembangan Islam di Indonesia.
Peserta didik dapat menunjukkan pengaruh Perkembangan Islam di Indonesia.
47
Dideskripsikan penyebaran Islam di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan hikmah Perkembangan Islam di Indonesia.
48
Memahami Perkembangan Islam di Dunia
Memberikan contoh Perkembangan Islam di Dunia.
Ditampilkan beberapa pernyataan terkait Perkembangan Islam di Dunia, peserta didik dapat menganalisis bukti perkembangan Islam di Dunia.
49
Disajikan lima pernyataan tentang faktor Perkembangan Islam di Dunia, peserta didik dapat memilih faktor-faktor penyebab berkembangnya Islam di Dunia.
50


Jakarta, Desember 2014/Shafar 1436 H



Tidak ada komentar:

Posting Komentar