Sabtu, 12 September 2015

SOAL MID SEMESTER A

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER  
(BAGI MAHASISWA NOMOR URUT GANJIL)

MATA KULIAH
:  EVALUASI PEMBELAJARAN
DOSEN
SIFAT UJIAN
H. MA’MUN ZAHRUDIN
:  TAKE HOME
Kerjakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.     Bagaimanakah kedudukan  tes,  pengukuran, penilaian, dan evaluasi? Jelaskan disertai dengan teori-teori pendukungnya!     (Skor  10)
2.     Buatlah   instrumen tes bentuk uraian 5 soal  dan  pilihan ganda 10 soal beserta kisi-kisinya dalam mata pelajaran PAI SMP kelas 7 semester ganjil. Sertakan pula penjelasan apakah soal yang saudara buat sudah dianggap baik?Mengapa? bagaimana dengan cara penskorannya dari kedua jenis tes tersebut, jelaskan masing-masing! (Skor 30)

FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
No.
Kompetensi Dasar
Kls/
smt
Materi
pokok
Indikator soal
Nomor
soal






Keterangan:
Isi pada kolom 1, 2, dan 3 adalah harus sesuai dengan pernyataan yang ada di dalam silabus/kurikulum. Penulis kisi-kisi tidak diperkenankan mengarang sendiri, kecuali pada kolom 5.
Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini.
1)      Kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan secara tepat dan proporsional.
2)      Komponen-komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami.
3)      Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya.

3. Seorang guru pada SDIT Nur El Ghazy melakukan uji coba terhadap tes hasil belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ia susun bagi murid-murid kelas V di SD tersebut   yang jumlahnya 20 orang. Tes di maksud adalah berbentuk uraian dengan butir soal sebanyak 5 butir. Uji coba tersebut dalam rangka mengetahui, apakah tes tersebut memiliki validitas ataukah belum. Anda diminta melakukan penganalisisan guna menentukan validitas tes tersebut dengan menggunakan tenik korelasi product moment : (Skor 30)

Nama siswa
Skor untuk item soal
1
2
3
4
5
Amad
3
5
5
5
5
Bakir
5
5
3
5
3
Candra
3
3
5
5
4
Dadang
3
5
3
5
5
Endang
4
5
4
5
4
Farhad
4
5
3
5
5
Gading
3
5
5
5
4
Hasan
5
5
5
4
4
Istiana
4
4
5
4
5
Jamal
5
5
4
5
3
Komarudin
3
3
4
4
5
Lala
5
3
5
5
4
Masrifah
5
2
3
3
5
Nana
3
4
4
5
3
Osama
4
3
5
3
5
Paimin
3
5
3
4
3
Qurata’ayun
5
5
4
5
5
Rahayu
3
3
5
5
5
Sakia
4
5
5
3
3
Tati
4
3
4
5
5






4. berikut ini adalah data berupa skor-skor hasil test belajar mata pelajaran PAI yang dikuti oleh 20 orang siswa dengan menyajikan 20 butir item bentuk obyektif (jawaban betul diberi skor 1 dan salahdiberi skor 0 ) hasil tersebut adalah seperti disajikan pada tabel dibawah ini: (Skor 30)

Nama siswa
Skor untuk item soal

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
Amad
1
1
1
0
1
1
0
1
1
1
1
1
0
1
1
0
1
1
1
1
Bakir
1
0
0
1
1
0
1
1
0
1
0
0
1
0
1
0
1
0
1
1
Candra
0
1
0
1
1
1
1
0
1
1
1
1
0
0
1
0
0
1
1
1
Dadang
1
0
0
1
1
1
0
1
0
0
1
0
1
1
0
1
1
0
0
1
Endang
0
1
1
0
0
1
1
0
1
0
1
1
1
0
1
1
0
1
0
1
Farhad
0
1
1
0
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
0
0
1
1
1
Gading
0
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
0
1
0
0
1
1
1
Hasan
1
0
1
1
1
0
1
1
0
1
1
1
0
1
1
0
1
0
0
1
Istiana
1
0
0
1
1
1
1
1
0
1
1
1
0
0
1
1
1
0
0
1
Jamal
1
1
0
0
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
0
1
1
1
1
1
Komarudin
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
0
0
1
1
0
1
1
1
1
1
Lala
1
0
1
1
1
1
1
1
0
1
0
0
1
1
1
1
1
0
0
0
Masrifah
1
0
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
0
0
1
Nana
0
0
0
1
1
0
1
0
0
1
1
1
1
1
1
0
0
0
1
1
Osama
1
0
0
1
1
1
0
1
0
1
1
0
1
1
0
0
1
0
1
0
Paimin
1
0
1
1
0
0
0
1
0
1
1
0
1
1
0
0
1
0
0
1
Qurata’ayun
0
0
0
0
0
1
1
0
0
1
0
1
1
0
1
1
0
0
0
1
Rahayu
0
1
1
1
0
1
1
0
1
1
0
1
1
0
1
1
0
1
1
0
Sakia
0
1
0
0
1
0
1
0
1
1
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1
Tati
1
1
0
1
1
0
1
1
1
1
0
0
1
0
1
0
1
1
0
1
Keterangan
Lakukan penganalisisan terhadap data tersebut, dalam rangka menentukan item manakah yang sudah valid, dan item mana pula yang invalid ( gunakan tenik korelasi poinbiserial )

Catatan:

Tulis nama, nomor urut dalam absen dan semester
Diketik dengan program Ms-Word, Jenis  Times New Rowman, spasi 1.5,.


 Ujian ini dikumpulkan  dalam bentuk Soft Copy dikirim lewat email :  zahrudinzam@gmail .com  paling telat satu hari sebelum  tanggal 29 September 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar