(BAGI MAHASISWA NOMOR URUT GENAP)
MATA KULIAH
|
: EVALUASI PEMBELAJARAN
|
DOSEN
SIFAT UJIAN
|
: H. MA’MUN ZAHRUDIN
: TAKE HOME
|
Kerjakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Bagaimanakah
kedudukan tes, pengukuran, penilaian, dan evaluasi? Jelaskan disertai dengan
teori-teori pendukungnya! (Skor 10)
2. Buatlah
instrumen tes bentuk
uraian 5 soal dan pilihan ganda 10 soal beserta
kisi-kisinya dalam mata pelajaran PAI SMP kelas 7
semester ganjil. Sertakan pula
penjelasan apakah soal yang saudara buat sudah dianggap baik?Mengapa? bagaimana
dengan cara penskorannya dari kedua jenis tes tersebut, jelaskan masing-masing!
(Skor 30)
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Kls/
smt
|
Materi
pokok
|
Indikator soal
|
Nomor
soal
|
Keterangan:
Isi pada kolom 1, 2, dan 3 adalah harus sesuai dengan pernyataan yang ada
di dalam silabus/kurikulum. Penulis kisi-kisi
tidak diperkenankan mengarang sendiri, kecuali pada kolom 5.
Kisi-kisi yang baik harus
memenuhi persyaratan berikut ini.
1)
Kisi-kisi
harus dapat mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan
secara tepat dan proporsional.
2)
Komponen-komponennya
diuraikan secara jelas dan mudah dipahami.
3)
Materi yang
hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya.
3. Seorang guru pada SDIT Nur El
Ghazy melakukan uji coba terhadap tes hasil belajar dalam mata pelajaran
pendidikan agama Islam yang ia susun bagi murid-murid kelas V di SD
tersebut yang jumlahnya 20 orang. Tes
di maksud adalah berbentuk uraian dengan butir soal sebanyak 5 butir. Uji coba
tersebut dalam rangka mengetahui, apakah tes tersebut memiliki validitas
ataukah belum. Anda diminta melakukan penganalisisan guna menentukan validitas
tes tersebut dengan menggunakan tenik korelasi product moment : (Skor 30)
Nama siswa
|
Skor untuk item soal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Amad
|
4
|
3
|
5
|
5
|
5
|
Bakir
|
5
|
3
|
3
|
5
|
3
|
Candra
|
3
|
5
|
5
|
5
|
4
|
Dadang
|
3
|
3
|
3
|
4
|
5
|
Endang
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
Farhad
|
4
|
5
|
3
|
5
|
5
|
Gading
|
3
|
3
|
4
|
5
|
4
|
Hasan
|
5
|
2
|
5
|
4
|
4
|
Istiana
|
4
|
4
|
5
|
4
|
5
|
Jamal
|
5
|
5
|
4
|
5
|
3
|
Komarudin
|
5
|
3
|
4
|
4
|
5
|
Lala
|
5
|
3
|
5
|
5
|
4
|
Masrifah
|
5
|
2
|
3
|
3
|
5
|
Nana
|
3
|
4
|
4
|
5
|
3
|
Osama
|
4
|
3
|
5
|
3
|
5
|
Paimin
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
Qurata’ayun
|
5
|
5
|
4
|
5
|
5
|
Rahayu
|
3
|
3
|
5
|
5
|
5
|
Sakia
|
4
|
5
|
5
|
3
|
3
|
Tati
|
4
|
3
|
4
|
5
|
5
|
( B)
4. berikut ini adalah data berupa skor-skor hasil test belajar mata
pelajaran PAI yang dikuti oleh 20 orang siswa dengan menyajikan 20 butir item
bentuk obyektif (jawaban betul diberi skor 1 dan salahdiberi skor 0 ) hasil
tersebut adalah seperti disajikan pada tabel dibawah ini: (Skor 30)
Nama siswa
|
Skor untuk item soal
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
||
Amad
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
Bakir
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
|
Candra
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
|
Dadang
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
|
Endang
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
|
Farhad
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
|
Gading
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
|
Hasan
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
|
Istiana
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
|
Jamal
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
Komarudin
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
Lala
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
|
Masrifah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
|
Nana
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
|
Osama
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
|
Paimin
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
|
Qurata’ayun
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
|
Rahayu
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
|
Sakia
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
|
Tati
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
|
Keterangan
Lakukan penganalisisan terhadap data
tersebut, dalam rangka menentukan item manakah yang sudah valid, dan item mana
pula yang invalid ( gunakan tenik korelasi poin biserial )
Catatan:
Tulis nama nomor urut absen dan semester
Tulis nama nomor urut absen dan semester
Diketik dengan
program Ms-Word, Jenis Times New Rowman, spasi 1.5,.
Ujian ini dikumpulkan dalam bentuk Soft Copy dikirim lewat email
: zahrudinzam@gmail .com
paling telat satu hari sebelum tanggal
29 September 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar